Search

Senin, 09 Agustus 2010

Games Outbond Seru saat Camping -- ver 1

Dalam suasana pagi di Buper Kalitengah yang begitu sejuk bercampur dingin, aku dan teman-teman melakukan beberapa games seru yang memberi pembelajaran yang penuh manfaat. Dari seluruh game yang dimainkan, kami (peserta) dimintai pendapat tentang pembelajaran dari game tersebut. Berikut game yang kami lakukan saat Outbond selama camping di Buper Kalitengah :

Putar-Putar

Entah apa nama game ini sebenarnya (karena ada yang menyebutnya putar-putar, putar-putar pusing, grouping, putar searah jarum jam, dsb), prinsipnya kami (berkelompok) melakukan hal seperti ini.
Cara : Semua anggota membentuk lingkaran dan bergandengan tangan satu sama lain. Setelah itu, kami diberi komando untuk berputar searah jarum jam. Beberapa kali dilakukan hingga kecepatan putaran di-komando (oleh fasilitator) untuk  lebih cepat lagi. Sementara kecepatan terus ditambah, kemudian fasilitator memberi komando untuk berbalik arah putaran, dan tentunya dari kecepatan yang cukup lamban hingga kecepatan yang memang cepat.
Selain itu, kami juga di-komandio untuk berpisah menjadi beberapa lingkaran dengan komposisi anggota tertentu (misal 5 atau 4 orang), yang kemudian juga di-komando untuk berputar lagi.
Pembelajaran : Perlunya kekompakan antar tiap anggota dalam suatu kelompok. Tentunya kekompakan tersebut akan terjalin bila adanya kerukunan antar anggota.
Aplikasi : Sesama saudara se-iman, kita harus bisa menjalain kerukunan dan kekompakan, sehingga dalam perjalanan menetapi keimanan akan dapat terwujud hingga kita final dari kehidupan dunia dan menuju alam yang kekal setelanhnya.
Kesan : Ada yang merasa begitu pusing. Namun, semua merasa senang karena dapat mewujudkan kekompakan.

Lingkaran Balik Badan
Game ini pun entah apa nama sesungguhnya, yang penting Asyik.
Cara : Kami membentuk lingkaran dan saling bergandengan tangan, serta saling berhadapan.
Komando 1 - bagaimanapun caranya, kami harus membalikkan badan dengan syarat pegangan tidak boleh terlepas.
Solusi 1 - dengan berurutan, satu per satu anggota menerobos  celah pegangan tangan teman lain, dan seterusnya mengikuti yang depan.
Komando 2 - bagaiamanapun caranya, kami harus membalikkan badan secara bersamaan dengan syarat pegangan tak boleh terlepas.
Solusi 2 - salah satu tangan kami dilewatkan di ats kepala teman serambi membalikkan badan.
Pembelajaran : Masih sama dengan sebelumnya, kekompakan.
Aplikasi : idem.
Kesan : Mulanya, kami bingung mengenaai solusi yang akan kami lakukan, tapi setelah solusi kami dapatkan, kami pun merasa senang.

Trust-Fall
Dari arti bahasa, tentu kita sudah tahu Trust = "percaya", Fall = "jatuh". Trust-Fall = "percaya"-"jatuh.
Cara : Satu kelompok dibagi menjadi 2 kelompok. Kelompok 1 ditugaskan sebagai penerima. Kelompok 2 ditugaskan untuk jatuh. Anggota kelompok 1 bersiap menerima (dengan kondisi tangan diulurkan ke depan) di belakang anggota kelompok 2. Fasilitator mengatur jarak antara anggota kelompok 1 dengan anggota kelompok 2. Setelah semua siap, kelompok 1 mengucap "Saya siap jatuh". Dibalas oleh kelompok 2 "Saya siap tangkap". Setelah semua mengucap, kelompok 1 menjatuhkan diri ke belakang dan kelompok 2 menangkapnya.
Pembelajaran : Kita harus bisa saling percaya kepada teman kita, apapun kondisinya.
Aplikasi : Sebagai orang iman, kita harus bisa percaya kepada saudara se-iman kita. Sehingga, ketika sesama orang iman saling percaya, kita bisa menetapi amanat yang diberikan orang lain pada kita.
Kesan : Meski awalnya ada yang merasa kurang percaya pada teman yang menerima, namun alhamdulillah semua bisa menjalani dengan baik.
Note : Pada prakteknya, aku pun merasa kurang percaya, sehingga saat jatuh aku menahan badan dengan kaki saya. Namun, aku menjadi menyesal, maka aku minta maaf pada temanku karena membuat dirinya kecewa karena tidak dipercaya.

0 komentar:

Posting Komentar

Competition

    Logo SEO Kontes InfoZakat & Teak123

 

Kebaikan Tersebar, Hidup Lebih Indah

Powered By Blogger

Grey Floral ©  Copyright by Kebaikan Tersebar, Hidup Lebih Indah | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowToTricks