Search

Selasa, 23 Februari 2010

Seimbangkah Dunia dan Akhirat Kita???

Sebagaimana kita ketahui, kita hidup di dunia ini bukan semata hanya mengejar urusan keduniaan. Kita juga memiliki masa depan, tak cukup masa depan keduniaan, namun masa depan untuk alam yang kekal. Oleh karena itu, kita harus memikirkan masalah akhirat kita, agar kita mendapat tempat terbaik di alam yang kekal nanti. Untuk mencapai hal itu, kita harus selalu beribadah. Seperti tujuan asli Allah menciptakan diri kita, yakni tertera dalam Al-Qur’an:
وَمَاخَلَقْتُ الْجِنَّ وَاْلاِنْسَ اِلاَّلِيَعْبُدُوْنِ﴿ سورة الذّٰريٰت : ۵۶

“Dan tidak Aku (Allah) ciptakan jin dan manusia kecuali untuk beribadah”
Adanya urusan dunia dan akhirat, maka segala sesuatu harus diatur agar seimbang. Apalagi, di awal tahun 2010 ini, berdasar dalil, keadaan dunia akan semakin jelek (dalam artian jelek moralitas bangsanya). Sesuai dengan hadist Ath-Thabrani:
لاَيَأْتِ عَلَيْكُمْ عَامٌ إِلاََّوَالَّذِيْ بَعْدَهُ شَرٌّمِنْهُ﴿ رواه الطبرانى
“Tidak datang pada kamu sekalian suatu tahun kecuali tahun setelahnya itu lebih jelek dari tahun sebelumnya.”
Meskipun perkembangan di bidang IPTEK semakin cepat dan canggih, bukan berarti segalanya akan menjadi baik. Sebagai contoh, dengan berkembanganya penggunaan fasilitas internet di zaman ini, makin banyak orang yang melakukan kegiatan-kegitan yang maksiat, yang tidak sesuai dengan Al-Qur’an dan Al-Hadist. Bukan itu saja, sebenarnya sudah dimulai dari beberapa waktu yang lampau, dan teknologi yang sudah sangat umum, seperti penggunaan handphone untuk hal-hal yang maksiat dan mudharat.

Dengan adanya hadist di atas, jangan sampai hadist tersebut disalahartikan penerepannya. Kita jangan sampai menjadikan hadist tersebut sebagai dasar untuk berbuat lebih jelek dibanding tahun lalu. Contohnya, ada si A diingatkan karena berpacaran. Tapi, si A malah berdalih dengan “menyalahartikan” tentang dalil tersebut. “Lho, ngapain kamu ngingetin. Kan memang begini adanya kalo zaman semakin jelek.”kata si A.
Justru, dengan adanya dalil tersebut kita harus lebih mutawari’ dan lebih meningkatkan keimanan dan amal ibadah kita, agar tidak terjerumus ke jalan yang salah. Karena, berdasar dalil pula:
...فلما زَاغوااَزَاغَ اﷲُقلوْبهمْ...﴿سورة الصّفّ : ۵﴾
“Maka tatkala mereka berpaling (dari kebenaran), Allah memalingkan hati mereka (karena mereka berpaling dari kebenaran, maka Allah membiarkan mereka sesat dan bertambah jauh dari kebenaran).”
Jika seseorang (terlebih lagi orang yang telah mendapat hidayah) berusaha
melanggar meski terlihat dosa yang kecil, Allah pasti akan lebih menyesatkan orang tersebut. Na’udzubillahimindzalik.

Lalu, seimbangkah dunia dan akhirat kita sekarang ???

Upaya penyeimbangan antara dunia dan akhirat tersebut dapat diawali dengan memiliki kefahaman yang kuat bahwa jika kita mengutamakan jalannya Allah, maka Allah akan menolong kita dan urusan dunia pun akan “ngikut”- lancar. Ibarat kita membeli sapi (hal besar : “surga”), pasti kita mendapat talinya (hal kecil : dunia). Namun sebaliknya, jika kita membeli tali berapapun banyaknya, pasti tidak akan mendapat sapi.
Dengan memiliki kefahaman tersebut, kita pasti bisa menyiasati keseimbangan dunia-akhirat bagaimanapun caranya, seperti memanfaatkan segala fasilitas yang kita miliki.
Sebagai contoh pemanfaatan handphone yang bisa digunakan untuk “alarm” agar bisa bangun malam (do’a dan sholat), mendengarkan bacaan Al-Qur’an (fasilitas mp3/...), dll. Dan masih ada pemanfaatan lain dengan fasilitas-fasilitas yang ada. Maka, INGAT kefahaman di atas dan manfaatkan segala bentuk fasilitas yang ada. Sehingga, kita bisa menjalani hiudp dengan penuuh keseimbangan antara dunia-akhirat.


****************************************

1 komentar:

Anonim mengatakan...

terimaksh infonya jangan lupa kunjungan balik ke blog saya:
http://dihar-difazahra.blogspot.com

Posting Komentar

Competition

    Logo SEO Kontes InfoZakat & Teak123

 

Kebaikan Tersebar, Hidup Lebih Indah

Powered By Blogger

Grey Floral ©  Copyright by Kebaikan Tersebar, Hidup Lebih Indah | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowToTricks