Search

Senin, 02 Agustus 2010

SAMPAI MATI

Alhamdulillah, sekali hidup di dunia ini kita bisa mendapatkan hidayah-Nya berupa agama islam. Namun, dalam perjalanan urusan agama kita, yakinkah kita akan mendapat surga di sisi-Nya, jika hanya menetapi agama-Nya tanpa sungguh-sungguh dan tak berkesinambungan? Padahal dalam kenyataannya, banyak dijumpai pendidikan agama yang ada hanya diajarkan/dipraktekkan semasa usia kecil/ anak-anak.

Alhamdulillah lagi bahwa di daerah saya pembinaan urusan agama itu dilakukan tak hanya semasa kecil, tapi terus dibina hingga menginjak usia remaja, muda, dewasa, tua, hingga masa akan menemui ajal yang telah ditentukan. Sedangkan di daerah lain, masih dijumpai bahwa pembinaan agama hanya ditekankan semasa kecil (dengan TPA-umumnya), dan setelah itu terserah (siapa yang mau). Namun, pada prakteknya, banyak remaja sekarang yang tidak tertarik mengkaji urusan agamanya.
Mungkin ada kalimat slogan : “Kecil dimanja – muda foya-foya – tua kaya raya – mati masuk surga”. Hal itu tentunya tidak mungin, di masa mudanya foya-foya kok saat mati masuk surga. Yang bisa masuk surga, dengan kalimat slogan : “Kecil dibina – muda berkarya – tua kaya raya – mati masuk surga”.
Tentunya, semua itu perlu binaan dari usia dini hingga usia mati, yang tak lain pedomannya sesuai dengan agama kita (islam), yakni Al-Qur’an dan Al-Hadist. Sesuai dengan riwayat :
تَرَكْتُ فِيْكُمْ اَمْرَيْنِ لَنْ تَضِلُّوْا مَا تَمَسَّكْتُمْ بِهِمَا كِتَابِ اللهِ وَسُنَّةِ نَبِيِّهِ ﴿رواه مالك فى الموطأ ﴾
“Telah kutinggalkan kamu sekalian dengan dua perkara yang mana kamu sekalian tak akan tersesat dengan dua perkara tersebut, yaitu kitab Allah (Al-Qur’an) dan sunnahnya Nabi (Al-Hadist)” (riwayat Malik)
Tentunya, pedoman tersebut harus diikuti sampai mati. Karena, meski di masa kecil kita terbina, tapi dimasa tua hingga ajal tiba tidak menetapi pedoman agama islam, maka tetap saja bukan sebagai umat islam- yang seharusnya menetapi pedomannya. Lalu, tanyakan pada diri kita : sudahkah/ sudah seberapakah/ sudah seberapa lama kita mengikuti pedoman yang ditinggalkan Rasulullah kepada kita ?? Oleh karena itu, mari kita bersama-sama menjalaninya, apalagi sudah hampir tiba bulan suci, bulan ramadhan yang penuh dengan segala kerohmatan.Alhamdulillah jaza kumullahu khoiron.

0 komentar:

Posting Komentar

Competition

    Logo SEO Kontes InfoZakat & Teak123

 

Kebaikan Tersebar, Hidup Lebih Indah

Powered By Blogger

Grey Floral ©  Copyright by Kebaikan Tersebar, Hidup Lebih Indah | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowToTricks